Jumat, 24 Oktober 2014

Follow us

OBAT KADALUARSA? HATI-HATI MEMBUANGNYA!

authorDiposting oleh : Administrator dateRabu, 16 Januari 2013 - 10:55:02 WITA categoryKategori: Info Kesehatan - commentsDibaca: 2 kali

Banyak dari anda yang mungkin pernah membeli obat dan tidak menghabiskannya karena sudah merasa sembuh. kemudian suatu hari saat anda sedang sakit dan mencari pertolongan di kotak obat, anda menemukan kembali obat-obat itu sudah dalam keadaan expired atau kadaluarsa. Beberapa dari kita mungkin langsung membuangnya, tapi ada juga yang nekad meminumnya. 

Jangan biarkan diri anda atau keluarga anda meminum obat kadaluarsa. Tak peduli seberapa mahalnya harga obat tersebut, obat kadaluarsa dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal, iritasi lambung, kerusakan hati, dan efek keracunan akut seperti mual, muntah, dan vertigo serta berbagai macam dampak berbahaya lainnya. Bagaimana dengan obat-obatan yang sudah tidak berada dalam kemasan aslinya, atau sudah dimasukkan ke plastic bag oleh apoteker? jika Anda tidak tahu persis kapan anda membeli obat tersebut, jangan meminumnya, pastikan anda meminum obat-obatan yang masih dalam keadaan baik. 

Nah, perlakuan terbaik bagi obat kadaluarsa adalah membuangnya, tapi jangan dibuang begitu saja, sampah obat kadaluarsa termasuk golongan sampah B3 (Barang Beracun dan Berbahaya), meskipun ukurannya kecil, bila dibuang sembarangan, dampaknya dapat berbahaya bagi lingkungan. Beberapa jenis obat dibawah ini tidak dapat terurai langsung dan akhirnya dapat berubah menjadi racun bagi lingkungan : 

- antibiotik

- antiseptik

- anti virus

- anti jamur

- anti cacing

Obat-obat tersebut berbahaya untuk kelangsungan hidup flora dan fauna setempat dan bila ia terurai ke tanah, maka selain menyebabkan ketidak seimbangan, obat-obat seperti antibiotik dapat menyebabkan kekebalan pada bakteri disekitar tanah sehingga apabila bakteri tersebut menyerang manusia kembali, obat tersebut sudah tidak mempan lagi digunakan. Selain itu penyerapannya di tanah dapat mencemari air tanah yang nantinya akan terpompa ke atas untuk kita konsumsi kembali. Tentunya anda tidak ingin minum air yang tercemar, bukan?

Jadi, harus dibuang kemana? berikut adalah tata cara membuang obat kadaluarsa : 

1.  Baca labelnya, bila ada cara khusus penanganan obat kadaluarsa, ikuti petunjuknya. bila tidak,

2.  Anda dapat membuang sampah obat tersebut ke tempat sampah khusus, atau ke dalam toilet, menurut Food

    and Drug Administration (FDA),ada beberapa tablet atau sirup yang sebaiknya dibuang ke toilet seperti

    aspirin atau asetaminofen. 

3. Jangan lupa melepaskan obat dari kemasannya, hal ini selain agar tidak menarik perhatian pemulung, tentunya anda

    tidak ingin membuat toilet anda tersumbat, bukan?

4. Terakhir, apabila anda tidak ingin diketahui sebagai penderita penyakit tertentu, jangan lupa memisahkan tempat

    pembuangan obat dan label yang berisi informasi kesehatan anda di dua tempat berbeda, siapa tahu,ada

    pemulung atau bahkan tetangga anda yang iseng membacanya?

Demikian cara menangani obat kadaluarsa yang baik dan benar. Ilmu hanya akan menjadi pengisi gyrus otak bila tidak diamalkan. nah, kami harap, artikel ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi anda ya!

~arteriole~


Avatar
obat ambeien
03 Juli 2014, 11:10:55
selamat pagi, info keren nih
Avatar
Prediksi Bola Akurat Dan Jitu
17 Oktober 2014, 11:02:05
Terima kasih banget atas semua informasi yang tersaji di situs ini.

Tulis Komentar

*